Pengertian Takaful

Pengertian Etimologi

Secara bahasa, takaful ( تكافل )   berasal dari akar kata   ( ك ف ل )  yang artinya menolong, memberi nafkah dan mengambil alih perkara (kesulitan) seseorang.

Kata ( تكافل ) merupakan bentuk mashdar (infinitf) dari kata :

ل  اف  ك – ت  ل اف  كت – ي  ل اف  كت

Dalam Kamus Al-Munawir dijelaskan bahwa arti kata kafala yang merupakan kata dasar dari takaful adalah : pertanggungan yang berbalasan, hal saling menanggung.

Istilah kata  ( تكافل )    ini merupakan istilah yang relatif baru. Jika dilihat tidak satupun ayat-ayat Al-Qur’an menggunakan istilah takaful ini. Bahkan dalam hadits pun, juga tidak dijumpai kata yang menggunakan istilah takaful ini.   Namun secara sistem keukhuwahan, takaful sudah diterapkan sejak zaman Rasulullah SAW dan para sahabatnya melalui ukhuwah dalam kehidupan bermasyarakat di Madinah pada waktu itu sebagaimana yang banyak digambarkan melalui hadits.

Pengertian Muamalah

Arti Takaful Dalam Pengertian Muamalah :

Saling memikul risiko di antara sesama muslim sehingga antara satu dengan yang lainnya menjadi penanggung atas risiko yang lainnya.

Saling pikul risiko ini dilakukan atas dasar saling tolong menolong dalam kebaikan dengan cara, setiap orang mengeluarkan dana kebajikan (baca ; tabarru) yang ditujukan untuk menanggung risiko tersebut.

Takaful dengan pengertian seperti ini sesuai dengan firman Allah SWT

Dan tolong menolonglah kamu dalam kebaikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. ” (QS. Al-Maidah [5] : 2)

 

Incoming search terms:

  • pengertian takaful
  • anything
  • pengertian tafakul
  • takaful dalam pengertian muamalah
  • www asuransikesehatantakaful com